DILARANG MEROKOK RUANG BLOG INI BER AC

Ruang Multifungsi

Keterbatasan ruangan menjadi kendala utama bagi rumah dengan lahan sempit. Solusinya adalah pembagian ruang yang tepat.

Kehidupan masyarakat modern di perkotaan sekarang ini berbeda dengan dulu. Ketersediaan lahan yang tak luas, membuat pemilik rumah harus memutar otak menyiasati ruang yang ada. Keterbatasan lahan membuat rumah di kawasan Braga, Bandung, ini, misalnya, menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu ke dalam ruang multifungsi.

"Jadi, di dalam satu ruangan besar terdapat beberapa fungsi ruangan yang digabung sekaligus, yaitu ruang dapur, ruang makan, ruang tamu sekaligus ruang keluarga," jelas Dewi Fadilasari, ST, Marketing Support Braga City Walk Bandung.

Agar fungsi ruangan masing-masing terlihat, Dila, begitu biasa disapa, menyarankan memberikan sekat. "Partisi sebaiknya

memang dihindari. Kalaupun harus memasang, sebaiknya gunakan partisi yang tidak terlalu permanen. Bentuknya bisa bermacam-macam, misal, kaca yang dipasang sampai eternit, lemari bolak-balik atau berbentuk sirip."

Selain partisi, pembedaan ruang bisa juga dilakukan dengan membedakan furnitur di tiap ruangan. Selain itu, pemakaian furnitur yang multifungsi pun bisa jadi cara jitu untuk menyiasati ruang sempit. "Misalnya, ruang tamu atau keluarga memakai sofa bed yang bisa beralih fungsi. Dari tempat tidur, menjadi sofa jika dilipat."

Pernik Minimalis

Salah satu ciri khas ruang multifungsi dari rumah di Bandung ini, begitu masuk dari pintu depan, seluruh ruangan sudah terlihat. Ada dapur, ruang makan, dan ruang tamu sekaligus ruang keluarga.

Seperti keluarga modern lain, sekarang ini banyak keluarga muda memutuskan untuk tidak menyediakan ruang tamu berukuran besar. "Sekarang ini pemilik rumah jarang menerima tamu. Kalaupun ada yang berkunjung, pasti dari keluarga dekat."

Nuansa hijau terpancar di ruangan ini, membuat ruangan terasa segar. "Warna-warna cerah memang sangat disarankan untuk ruang multifungsi. Sebaiknya memang tak memakai warna hitam, cokelat, atau ungu."

Selain hijau, warna merah putih pun bisa menjadi pilihan lain. Ruangan ini terlihat agak lain karena posisi dapur di tengah ruangan. Jadi, ruang makan ada di bagian depan bersebelahan dengan tempat memasak yang cukup unik.

Untuk urusan pernak-pernik, Dila menyarankan memakai pernak-pernik minimalis untuk memberikan kesan luas.

Meskipun mungil, rumah ini memiliki kamar mandi yang lengkap dengan walk in closet. Pemilik rumah bisa mandi dengan bath tub atau shower, sambil mendengarkan musik. Ada lemari khusus untuk menempatkan aksesori, mulai dari kalung, gelang, sampai dasi. Sungguh praktis.

SESUAI FUNGSI
1. Penggabungan beberapa ruangan harus dipikirkan fungsi masing-masing ruangan. Jika salah menggabungkan bisa-bisa membuat ruangan jadi tidak nyaman.

2. Dengan ruang multifungsi tak ada ruang yang mubasir. Semua ruang bisa dimanfaatkan dengan baik dan saling berhubungan.
3. Tamu dalam jumlah banyak bisa diterima sekaligus di ruang multifungsi.

0 komentar:

Posting Komentar